Makanan Khas Kalimatan Selatan Terenak 2023

Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan alamnya, termasuk makanan khasnya. Makanan khas Kalimantan Selatan memiliki cita rasa yang khas dan unik, karena dipengaruhi oleh keberagaman budaya dan suku yang ada di daerah ini. Berikut adalah beberapa makanan khas Kalimantan Selatan yang patut dicoba.

1.  Soto Banjar

Soto Banjar adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang terkenal di seluruh Indonesia. Soto Banjar terbuat dari ayam atau daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah khas Banjar, seperti serai, daun salam, dan kunyit. Soto Banjar biasanya disajikan dengan nasi putih, tauge, dan kerupuk.

2.  Pindang Patin

Pindang Patin adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan bumbu rempah khas Banjar, seperti jahe, lengkuas, dan daun jeruk. Pindang Patin biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal.

3.  Sate Banjar

Sate Banjar adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan bambu. Sate Banjar biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang pedas dan nasi putih.

4.  Amparan Tatak

Amparan Tatak adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan gula merah. Amparan Tatak biasanya dibungkus dengan daun pisang dan dimakan sebagai camilan.

5.  Sambal Tempoyak

Sambal Tempoyak adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari durian yang telah difermentasi. Sambal Tempoyak biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan, seperti nasi goreng atau ikan bakar.

6.  Lempok Durian

Lempok Durian adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari durian yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung ketan. Lempok Durian biasanya dibungkus dengan daun pisang dan dimakan sebagai camilan.

7.  Sop Konro

Sop Konro adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari tulang iga sapi yang dimasak dengan bumbu rempah khas Banjar, seperti kayu manis, cengkeh, dan kapulaga. Sop Konro biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal.

8.  Kue Kandangan

Kue Kandangan adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula merah dan kelapa parut. Kue Kandangan biasanya dibungkus dengan daun pisang dan dimakan sebagai camilan.

9.  Sambal Belut

Sambal Belut adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari belut yang diolah dengan bumbu rempah khas Banjar, seperti cabai, bawang merah, dan bawang putih. Sambal Belut biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan, seperti nasi goreng atau ikan bakar.

10. Kue Lumpur

Kue Lumpur adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula merah dan santan. Kue Lumpur biasanya dibungkus dengan daun pisang dan dimakan sebagai camilan.

Itulah beberapa makanan khas Kalimantan Selatan yang patut dicoba. Makanan khas Kalimantan Selatan memiliki cita rasa yang khas dan unik, karena dipengaruhi oleh keberagaman budaya dan suku yang ada di daerah ini. Jadi, jika Anda berkunjung ke Kalimantan Selatan, jangan lupa untuk mencoba makanan khasnya yang lezat dan menggugah selera.


Share: