Membuat Peta Situs WordPress: Cara Mudah untuk Meningkatkan SEO

Mengoptimalkan website Anda untuk SEO sangat penting bagi keberhasilan online Anda, dan satu di antara faktor SEO yang penting adalah peta situs. 

Dengan membuat peta situs, Anda akan melihat navigasi website Anda lebih baik dan lebih terstruktur. Nah, jika Anda memiliki situs WordPress, membuat peta situs mudah dilakukan. 

Berikut ini adalah cara mudah untuk membuat peta situs di WordPress.

Cara Membuat Peta Situs Wordpress

1. Gunakan Plugin Peta Situs

Yang pertama Anda lakukan adalah menggunakan plugin peta situs. Anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO yang tidak hanya mencakup fungsi SEO penting, namun juga mampu membuat peta situs secara otomatis. 

Plugin Yoast SEO ini memang sangat populer, karena selain membuat peta situs, plugin ini mampu memberikan analisis SEO dari setiap halaman Anda.

2. Gunakan Google XML Sitemap

Google XML Sitemap menjadi plugin peta situs terbaik selanjutnya yang wajib Anda coba. Plugin ini mampu membuat peta situs untuk website Anda, sehingga memudahkan mesin pencari untuk menemukan setiap halaman website Anda. 

Google memang memprioritaskan website yang lebih mudah dinavigasi oleh mesin pencari, maka dengan membuat peta situs, keseluruhan website Anda akan lebih mudah diindeks dan dievaluasi oleh mesin pencari.

3. Hasilkan Peta Situs secara Manual

Selain menggunakan plugin, Anda juga bisa menghasilkan peta situs secara manual. Bayangkan situs Anda sebagai pohon, dengan halaman beranda sebagai pangkal, lalu cabang-cabangnya adalah sub-kategori dan halaman lainnya. 

Caranya, buat sebuah daftar halaman situs Anda - mulai dari halaman beranda, halaman layanan, kategori, produk, menu, dan sebagainya. Kemudian, kelompokkan halaman website Anda ke dalam sub-kategori, sehingga Anda akan mendapatkan gambaran yang lengkap tentang seluruh struktur website Anda.

4. Tambahkan Peta Situs pada Navigation Bar

Setelah menyelesaikan pembuatan peta situs Anda, langkah terakhir adalah memasukkan peta situs ke dalam navigasi website Anda. 

Hal ini akan membuat navigasi website Anda lebih mudah dipahami oleh pengunjung, sehingga mereka akan lebih sering mengunjungi halaman yang lebih relevan. 

Tambahkan link peta situs pada footer atau header website Anda, agar pengunjung website Anda dapat menemukan peta situs dengan mudah.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda akan meningkatkan navigasi website Anda dengan membuat peta situs. 

Memiliki peta situs adalah cara paling mudah untuk membantu mesin pencari dan pengunjung website Anda mendapatkan bahasan yang relevan dan terorganisasi. 

Pastikan Anda membuat peta situs secara berkala untuk memastikan website Anda selalu memiliki navigasi yang lebih baik dan relevan.

Artikel ini telah diaudit oleh Blogger Banjarmasin.


Share: